Langsung ke konten utama

Postingan

Dimensi Ilmu Komunikasi

  Jumat, 16/10/2020   DIMENSI ILMU KOMUNIKASI   Komunikasi Sebagai Proses Komunikasi sebagai proses yang dimaksud adalah suatu kegiatan yang berlangsung secara dinamis. Sesuatu yang didefinisikan sebagai proses, berarti unsur-unsur yang ada di dalamnya bergerak aktif, dinamis, dan tidak statis ( Berlo dalam  The Process of Communication,1960). Dilihat dari konteks komunikasi antar pribadi, proses menunjukkan adanya kegiatan pengiriman pesan dari seseorang kepada orang lain. Mulai dari adanya sebuah informasi lalu ada sender yang memberikan informasi, ada receiver yang mendapatkan informasi.   Komunikasi Sebagai Simbolik Pernyataan manusia baik ditunjukkan untuk kepentingan dirinya, maupun untuk kepentingan orang lain dinyatakan dalam bentuk simbol. Hubungan antara pihak yang ikut serta dalam proses komunikasi banyak ditentukan simbol yang digunakan dalam berkomunikasi. Simbol dapat dinyatakan dalam bentuk bahasa lisan/ tertulis maupun isyarat-isyarat tertentu. Simb

Prinsip-Prinsip Komunikasi

  Jumat, 09/10/2020     REKAPAN MATERI ILMU KOMUNIKASI     PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI Prinsip 1 : Komunikasi adalah suatu proses simbolik Susanne K. Langer: salah satu kebutuhan pokok komunikasi manusia adalah kebutuhan simbolisasi atau penggunaan lambang. Lambang atau simbol adalah sesuatu yang digunakan untuk menunjuk sesuatu lainnya berdasarkan kesepakatan sekelompok orang. Lambang meliputi kata-kata (pesan verbal), perilaku nonverbal, dan obyek yang maknanya disepakati bersama, misalnya mengibarkan bendera putih dalam situasi perang menandakan pihak tersebut menyerah. Lambang adalah salah satu kategori tanda. Lambang menjembatani hubungan antara manusia dengan objek (mulyana, 2005:84) ·     Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi.   Setiap orang tidak bebas menilai, pada saat orang tersebut tidak bermaksud mengkomunikasikan sesuatu, tetapi dimaknai oleh orang lain maka orang tersebut sudah terlibat dalam proses berkomunikasi. Gerak tubuh, ekspresi wajah (komu

Tanggung Jawab Fungsional Kerja Public Relation Dalam Organisasi

  Senin, 12/10/2020   PUBLIC RELATION     TANGGUNG JAWAB EXTERNAL FUNGSIONAL KERJA PR DALAM ORGANISASI - Humas eksternal merupakan hubungan masyarakat dengan publik di luar organisasi yang dilakukan dengan kegiatan komunikasi dua arah atau timbal balik untuk mendapatkan keuntungan dan menjalin kerjasama di antara keduanya. Salah satunya adalah dalam komunikasi dengan publik eksternal dalam informatif dan persuasif. Persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar membangkitkan perhatian komunikan (publik) Masalah yang perlu dipecahkan dalam kegiatan humas eksternal mencakup: bagaimana memperluas pasar untuk produksi, memperkenalkan produk kepada masyarakat, penghargaan dan penerimaan publik dan masyarakat, menjaga hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan publik opini terhadap perusahaan, menjaga hubungan baik dengan pers dan pemimpin opini, menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan pemasok terkait dengan operasi perusahaan dan mencapai rasa simpati dan ke

Teori Konstruktivisme dan Teori Feminisme

  Senin, 12/10/20   MATERI TEORI KOMUNIKASI   TEORI KONSTRUKTIVISME Teori konstruktivisme dikembangkan oleh Jesse Delia pada 1982. Delia adalah Mantan Kepala departemen bagian pidato komunikasi di University of Illinois, Chichago, lalu menjabat dekan Pengetahuan Budaya dan Ilmu Pengetahuan di unversitas tersebut. Menurut Delia,   constructivism seperti tukang kayu yang mencoba untuk mendirikan/ memperbaiki hubungan di dunia tempat kita hidup. Inti dari constructivism adalah seseorang akan menggambarkan dunia melalui sistem dari gagasan atau apa yang mereka pikirkan sendiri. Gagasan atau pikiran-pikiran berupa komponen kognitif yang dilengkapi atas realita dalam lingkunganya. teori konstruktivisme menyatakan: individu melakukan interpretasi dan bertindak menuirut berbagai kategori konseptual yang ada dalam pikirannya. Realitas tidak menunjukan dirinya dalam bentuk yang kasar, tetapi harus disaring terlebih dahulu melalui cara seseorang melihat sesuatu. Asumsi dasar dari con

Teori Interaksi Simbolis dan Teori Standpoint

  Senin, 05/10   MATERI TEORI KOMUNIKASI    Teori Interaksi Simbolis termasuk dalam bidang psikologi sosial dan sosiologi. Teori ini mencakup tentang bagaimana seorang diri individu (self) dan masyarakat (society) didefinisikan melalui interaksi dengan orang lain. Teori interaksi simbolik berakar pada semiotika dan fenomenologi. Komunikasi adalah proses pembentukan makna melalui pesan, baik pesan verbal maupun pesan nonverbal yang berupa simbol-simbol, tanda-tanda, dan perilaku. Makna sebagai pemahaman pesan yang diberikan oleh orang lain tidak dapat terjadi kecuali kedua belah pihak atau para partisipan komunikasi dapat memperoleh makna yang sama bagi setiap kata, frasa, atau kode verbal yang ada. ·          Komunikasi diawali dengan diri (the self). Komunikasi selalu melibatkan orang lain misalnya masyarakat (society) dalam konteks luas. ·          Teori interaksi simbolik bermula dari interaksionisme simbolik yang digagas oleh George Herbert Mead yakni sebuah perspekti