Langsung ke konten utama

Program Jurnalistik

Nama : Atmimlana Nurrona

Nim          : 1940210113

Kelas : KPI D3

Mata Kuliah : Teknik Penulisan Naskah, Radio, Televisi, dan Film


Produk Jurnalistik

Produk jurnalistik meliputi surat kabar, tabloid, majalah, buletin, radio, televisi, dan media online internet.

Produk jurnalistik dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu:

1. Berita

        1.  Hard News

             Berita yang membutuhkan kecepatan dalam penyampaian pada masyarakat

             Aktual, baru terjadi atau sedang terjadi

             Lead berita berisi unsur berita (5W+1H)

        2. Investigative News

             Topik yang diangkat belum muncul dipermukaan

             Topiknya merupakan peristiwa aktual namun peristiwa sebenarnya belum terungkap

             Jurnalis bertindak seperti intelejen

        3. In-depth news

             Berita yang diolah mendalam

             Mengembangkan dan melengkapi informasi yang disampaikan dalam berita sebelumnya

             Dikemas secara menarik dan mendalam

        4. Features news

             Karangan yang berpijak pada data yang diperoleh melalui proses jurnalistik

             Tidak menjadi headline dalam surat kabar

             Dapat bersifat subjektif dan menghibur


2. Opini

          1. Tajuk Rencana

             Pendapat dari suatu media massa terhadap sebuah permasalahan aktual, fenomenal,                                 kontroversial yang berkembang dalam masyarakat

             Karakter dan kepribadian media dapat terpancar dari tajuk rencana

             Cenderung bersifat kritis politis

         2. Karikatur

             Sering dipakai sebagai sarana kritik sosial dan politik

             Bersifat lucu

             Mencakkup peristiwa aktual

        3. Pojok

             Kutipan singkat dari narasumber atau peristiwa tertentu yang dianggap menarik maupun                         kontroversial

             Ditanggapi oleh redaksi dengan kalimat yang menggelitik bahkan reflektif

        4. Surat Pembaca

             Opini singkat 

             Dimuat dalam rubrik khusus pembaca

             Isinya komentar pembaca yang menyangkut kepentingan pribadi atapun masyarakat

             Sebagai layanan publik

        5. Kolom

             Opini singkat

             Menekankan pada pengamatan maupun pemaknaan terhadap persoalan

             Topiknya beragam

             Sifat tulisan ringan dan subjektif

        6. Artikel

             Opini seseorang yang mengupas masalah tertentu yang bersifat aktual

             Informatif, argumentatif, persuasif, maupun rekreatif



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARADIGMA DAKWAH (Tabligh, Pengembangan Masyarakat, Harakah, Kultural)

PARADIGMA DAKWAH I Disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah: Filsafat Dakwah Dosen Pengampu: Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I     Disusun oleh:   Atmimlana Nurrona                (1940210113) Siti Karlina                               (1940210116)     PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM INSTITUT AGAMA NEGERI KUDUS 2020   KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “PARADIGMA DAKWAH 1” tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Bapak Riza Zahriyal...

Teori Penetrasi Sosial

TEORI PENETRASI SOSIAL Teori ini berkaitan dengan bagaimana kita mengetahui atau mengenal orang lain dengan cara “masuk ke dalam” (penetrating) diri orang bersangkutan   lapisan dalam bola itu adalah hal-hal yang tidak tampak dari luar, sedangkan lapisan luar bola adalah hal-hal permukaan yang orang lihat tentang kita secara fisik akan terlihat seperti itu untuk mengetahui jati diri orang maka kita harus masuk ke dalam bola, untuk lebih tahu apa isi sesungguhnya di dalam bola tersebut. “Bola diri” seseorang memiliki 2 aspek: aspek “keluasan” (breadth) dan aspek “kedalaman” (depth). Kita dapat mengetahui berbagai jenis informasi tentang orang lain/ mungkin mendapat informasi detail dan mendalam tentang 1 atau 2 aspek tersebut dengan masuk ke dalam kehidupan orang tersebut. Ketika hubungan di antara 2 individu berkembang, maka mereka akan semakin mendapatkan informasi lebih luas dan dalam. Teori ini dikembangkan oleh Irwin Altman & Dalmas A. Taylor. Mereka memandang bahwa suatu h...

Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting

- Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting – Ari Yusmindarsih, M.I, KOM.   MEDIA PANAS DAN DINGIN McLuhan membagi media menjadi dua jenis yaitu 'media panas' (hot media) serta 'media dingin' (cool media). Media panas adalah media yang tidak menuntut perhatian besar dari pendengar, pembaca atau penonton (audien) media bersangkutan. Dalam menggunakan media ini audien tidak dituntut untuk mnggunakan daya imajinasinya, atau dengan kata lain sangat sedikit sekali daya imajinasi yang dibutuhkan. Partisipasi audien dalam media panas sangatlah rendah karena makna dari informasi yang diterima audien sudah sangat lengkap dan jelas. Media panas memberikan audien apa yang dibutuhkannya --dalam hal ini, hiburan. FILM Ketika menonton film di bioskop, kita hanya duduk, menonton film, sambil makan atau minum, tidak ada upaya keras untuk menerima dan memahami informasi dari media itu. Media dingin adalah media definisi rendah, membutuhkan par...