Langsung ke konten utama

Naskah Perbincangan Televisi (TOP UP IMAN)

 

TRANSKIP NASKAH TALKSHOW

HOST: REZA FEBIAN

PROGRAM ACARA: TALKSHOW

JUDUL PROGRAM : TUMA (TOP UP IMAN)

TEMA / TOPIK : BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADHAN

DURASI: 23 MENIT 13 DETIK

NARASUMBER: PRIMI ROHIMI, S.SOS., M.S.I

 

INTRO

BC

HOST : ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH/ SELAMAT SORE PEMIRSA SIMPANG 5 TV/ SENANG SEKALI SAYA REZA FEBIAN KEMBALI HADIR UNTUK MENEMANI PEMIRSA DIMANAPUN BERADA/ SELAM 30 MENIT KEDEPAN DALAM ACARA KESAYANGAN KITA PASTINYA/ DALAM ACARA RAMADHAN TUMA/ TOP UP IMAN// YANG PASTI JUGA AKAN HADIR NARASUMBER YANG SANGAT BERKOMPETEN DAN JUGA DENGAN TEMAN-TEMA BERBEDA PASTINYA/ DAN DI STUDIO SUDAH ADA IBU CANTIK YA/ YANG BERHIJAB BERWARNA HIJAU// LANGSUNG SAJA KITA SAPA NARASUMBER KITA ADA IBU PRIMI ROHIMI, S.SOS., M.S.I/ SELAMAT SORE BU PRIMI//

 

NARASUMBER : SORE MAS/ ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH//

 

HOST : WAALAIKUMSALAM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH/ GIMANA BU KABARNYA//

 

NARASUMBER : ALHAMDULILLAH//

 

HOST : BAIK SELALU BUY A/ SEMOGA KITA SELALU DIBERI KESEHATAN OLEH ALLAH S-W-T/ NAH/ LANGSUNG SAJA KITA AKAN MEMBAHAS MENGENAI TEMA YANG AKAN KITA BAHAS NI BUDAYA POPOLER DI BULAN RAMADHAN/ APASIH BUDAYA POPULER DIBULAN RAMADHAN ITU BUK BISA DIJELASKAN?"

 

NARASUMBER :  BAIK TERIMAKASIH PEMIRSA SIMPANG 5 TV SEMOGA DIRAHMATI ALLAH/AAMIIN YA RABBAL ALAMIN //JADI KALO BICARA TENTANG BUDAYA POPULER DIBULAN ROMADHON,KITA BICARA BUDAYA POPULER DULU//BUDAYA POPULER ITU ADA BANYAK DEFINISINYA DAN YANG NAMANYA BUDAYA ITU BERARTI PRODUK DARI MANUSIA KEBIASAAN MANUSIA / BUDAYA POPULER ITU MARAK DIBICARAKAN DARI KALANGAN BARAT BANYAK AHLI ATAU TOKOH-TOKOH YANG MENCETUSKAN ISTILAH INI KEMUDIAN MEMPOPULERKANNYA//BUDAYA POPULER INI LEBIH KEPADA PRODUK-PRODUK YANG BERHUBUNGAN/BERKAITAN DENGAN MEDIA MASSA DAN DIKOMSUMSI MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI//JADI BUKAN SEKEDAR MASYARAKAT MENIKMATI MEDIA MASSA TAPI LEBIH KE SEGALA HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHIDUPAN MANUSIA ITU ADA KETERKAITANNYA DENGAN MEDIA MENCAKUP SEGALA AKTIVITAS DARI BANGUN TIDUR SAMPAI TIDUR LAGI//


NARASUMBER  : TETAPI LEBIH KE APA YANG DILAKUKAN / DISENANGI OLEH SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT / DAN TENTU SAJA MASYARAKAT DUNIA/ KALAU BERBICARA / KEMUDIAN BUDAYA POPULER / DI BULAN ROMADHAN / RAMADHAN SENDIRI BUKAN HANYA DIALAMI OLEH MASYARAKAT INDONESIA/ TAPI JUGA DIALAMI OLEH MASYARAKAT DUNIA / APALAGI KETIKA KEMUDIAN BEBERAPA WAKTU LALU WACANA GLOBALISASI KEMUDIAN MASUK KE SEMUA NEGARA / DAN SEKARANG DI ERA INDUSTRI / DI ERA MEDIA INI / DI ERA DISTRUBSI / MAKA BUDAYA DI TIAP WILAYAH INI KEMUDIAN TIDAK ADA SEKAPNYA //

 

HOST : "BEBAS YA BU "

 

NARASUMBER  :  "KAITANYA DENGAN RAMADHAN / APA SIH BENTUK-BENTUK BUDAYA POPULER DI ERA RAMADAN INI / BUDAYA POPULER SEBETULNYA BIASANYA NIH PALING SERING DILIHAT ATAU DIRASAKAN KAN DALAM BENTUK KONSUMSI / JADI SAYA KATAKAN KONSUMSI MEDIA / KIRA-KIRA NIH / MENURUT MAS REZA KALAU MENJELANG BULAN RAMADAN ITU / KONSUMSI MEDIA / TERUTAMA DI INDONESIA NIH / PENONTONNYA / SERING NONTON TAYANGAN APA / YANG PALING DISUKAI" ?//

 

HOST  : ACARA BUKA PUASA//

 

NARASUMBER : PROGRAM APA / YANG PALING DINANTI-NANTI ? //

 

HOST   : "TAUSIAH GITU BISA" //

 

NARASUMBER :  " TAUSIAH / APA ADZAN MAGHRIB/ KAYAKNYA ADZAN MAGHRIB RATINGNYA TINGGI //

 

HOST : “OH IYA BU HEHE” //

 

NARASUMBER : “DAN ACARA ITU MULAI KEMUDIAN MENJADI ACARA YANG DINANTI-NANTI UNTUK DITONTON /  WAJIB DITONTON / KALAU ZAMAN DULU / KALAU DILUAR ROMADHON / MUNGKIN ADZAN MAGHRIB/

 

HOST : DAH BIASA GITU YA BU //

 

NARASUMBER : UDAH BIASA / ORANG JUGA TIDAK TAHU MANA TV YANG MENYIARKAN KAN ADZAN MAGHRIB / MANA YANG TIDAK /

 

HOST : TIDAK //

 

NARASUMBER : SEKARANG ADZAN MAGRIB MALAH BAGUS-BAGUS KAN ? / KONTENNYA ADZAN MAGHRIB TAPI KEMASANNYA BAGUS // KEMUDIAN / PROGRAM-PROGRAM ACARA DIBULAN RAMADHAN KAN JUGA MENYESUAIKAN YA ? //

 

HOST : IYA //

 

NARASUMBER : BERITA / PROGRAM BERITA ATAU NEWS / KONTENNYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN RAMADLAN/ PROGRAM HIBURAN JUGA BERHUBUNGAN DENGAN RAMADLAN / INFOTAINMENT / BAHKAN APA MUNGKIN? / PROGRAM FUTURE / PROGRAM YANG KHUSUS ITU YA / YANG UNIK ITU/ ITU JUGA BERHUBUNGAN DENGAN RAMADLAN/ ITU BARU KONSUMSI MEDIANYA // KEMUDIAN / ICON ATAU SIMBOL BUDAYA POPULER LAINNYA JUGA HIBURAN // HIBURAN/ MUNGKIN HAMPIR-HAMPIR SAMA DENGAN MEDIA / KALAU DILUAR BULAN ROMADLON / MUSIK YANG SERING DIDENGAR ATAU DISUKAI SAAT INI APA? //

 

HOST : MUNGKIN MUSIK DANGDUT YA BU //

 

NARASUMBER : MUSIK DANGDUT HEHE //

 

HOST : ATAU MUSIK POP JUGA BISA //

 

NARASUMBER : OHIYA MUSIK POP // KALAU MAHASISWA SAYA KOK LEBIH SUKA K-POP YA? //

 

HOST : OH GITU //

 

NARASUMBER : BUKAN DANGDUT YA // (TERTAWA)

 

HOST : KOREA-KOREA GITU YA? //

 

NARASUMBER : IYA / KOREA-KOREA // ITU KAYAKNYA TREND DI LUAR RAMADLAN K-POP DEH SEPERTINYA //

 

HOST : HEEM // (MANGGUT-MANGGUT)

 

NARASUMBER : ITU KAYAKNYA TREN DI LUAR RAMADHAN K-POP DEH SEPERTINYA / LAGUNYA BLACKPINK YANG TERBARU APA ITU? / HAA ITU / TAPI DI BULAN ROMADHON / WAH MUSIK-MUSIK RELIGIUS / SHOLAWATAN / NISA SABYAN / NAH ITU BERALIH // KITA BISA BILANG / MUNGKIN MENYESUAIKAN YA / JADI MUNGKIN KONSUMEN / ATAU KHALAYAK BEGITU / ATAU MASYARAKAT MUSLIM INDONESIA / PADA KHUSUSNYA NIH / NANTI KITA COBA LIHAT / APAKAH DI DUNIA JUGA ADA BUDAYA POPULER? / KARENA SESUNGGUHNYA BUDAYA POPULER ITU AWALNYA ITU JUSTRU DATANG DARI BARAT / BAGAIMANA ORANG-ORANG DI LUAR AMERIKA / MENGIKUTI BUDAYA AMERIKA // APA SIH BUDAYA AMERIKA ITU? / SALAH SATUNYA FASHION // NANTI KITA COBA LIHAT JUGA / APAKAH ADA TREN BUDAYA POPULER YANG BERHUBUNGAN DENGAN FASHION DI BULAN ROMADHON // JADI KEMBALI KE TADI / KALAU BUDAYA POPULER YANG DATANG DARI AMERIKA / KEMUDIAN DIADOPSI OLEH ORANG DI LUAR AMERIKA YA / TERUTAMA ORANG INDONESIA MISALNYA // SEPERTI YANG MAS REZA PAKAI INI / DENIM BUKAN CELANANYA? / ATAU JEANS BUKAN? //

 

HOST : BUKAN //

 

NARASUMBER : ATAU BAJUNYA JUGA KEMEJA ITU /  INI KAN SEBETULNYA BUDAYA BARAT //

 

HOST : BUDAYA BARAT YA BU //

 

NARASUMBER : YA / DI BUDAYA INDONESIA SENDIRI / ITU / TIDAK ADA ATAU DULU TIDAK SEPERTI INI BAJUNYA // GITU /

 

HOST: JADI MASIH BANYAK LAGI HAL YANG AKAN KITA BAHAS / MENGENAI BUDAYA POPULER / GAK HANYA DI INDONESIA / TAPI JUGA DI LUAR NEGERI // MASIH BANYAK LAGI BUDAYA POPULAR YANG AKAN KITA BAHAS // PEMIRSA / JANGAN KEMANA-MANA / TETAP SETIA TERUS DI RAMADHAN TEMAN / TETAP IMAN / HANYA DI SIMPANG LIMA TV / REZA AKAN KEMBALI / SETELAH PESAN-PESAN BERIKUT INI //

 

BUMPER

 

SEGMEN 2

INTRO

BC

HOST : OK PEMIRSA/ MASIH BERSAMA SAYA RIZA FEBRIAN DALAM ACARA DISAINER KITA/ PASTINYA RAMADHA TUMAKODIMA// MASIH BERSAMA IBU PRIMI ROHIMI S.SOS.MSI/ MASIH MEMBAHAS BUDAYA POPULAR DIBULAN RAMADHAN// NAH/ BU PRIMI TADI KAN SUDAH MEMBAHAS BEBERAPA BUDAYA POPULAR DI BULAN RAMADHAN/ APAKAH MASIH ADA BUDAYA POPULAR YANG ADA DI KONTINYUS/ APA SAJA ITU/ BISA DIJELASKAN//

 

NARASUMBER : AH BANYAK/ JADI AICON" BUDAYA POPULAR KAN DATANGNYA DARI BAHAN YA/ JADI KITA LANJUTKAN KE BAJU/ KALAU DI BULAN RAMADHAN INI/ ITU BIASANYA BISA KITA LIHAT PERBEDAANNYA ITU DI MEDIA MASSA/ MEDIA PENYIARAN/ KITA BISA LIHAT PUBLIK FIGURNYA/ YANG BIASANYA PAKAI FASHION NYA ITU/ FASHION KESEHARIAN BIASANYA ITU KAYAK/ KAOS/ TENTOP/ KALAU DI BULAN RAMADHAN MEREKA MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI BAJU TAQWA/ YANG COWOK PAKAI KOKO/ YANG CEWEK BALAI HIJAB GAMIS/ NAH SEKARANG ADA TREN BARU/ TREN HIJRAH/ DAN NON MUSLIM PUN PAKAI HIJAB GAMIS/ KARENA ENDORS YA KALAU SEKARANG INI // NAH TADI DARI BAJU KEMUDIAN MAKANAN/ MAKANAN JUGA ADALAH SALAH SATU AIKEN BUDAYA POPULAR/ KALAU JAMAN DULU MUNGKIN PUASA YA/ MAKANAN UNTUK BERBUKA PUASA SEDERHANA LAH MUNGKIN UMUM YA/ KALAU MAS RIZA MAKANNYA APA? //

 

HOST : KURMA BU//

 

NARASUMBER : OHH YA KURMA BETUL-BETUL/ KURMA JUGA TERMASUK BUDAYA POPULAR KALAU KITA KATAKAN/ KALAU KITA MENDEFINISI BUDAYA POPULER ITU/ BUDAYA YANG DATANG DARI LUAR/  YAKAN/ KARENA KURMA ITUKAN/ DARI TIMUR TENGAH/ DI INDONESIA SENDIRI TIDAK ADA KURMA/ TAPI KEARIFAN LOKAL MUNGKIN ADA BANYAK MAKANAN/ MENU/ TAKJIL/ ATAU IFTOR YA/ BERBUKA PUASA/ ADA KOLAK/ ES CAMPUR / ITU NGOMONGIN MAKANAN YA/ SEGER BANGET/ TAPI KEMUDIAN SEKARANG BANYAK MENU-MENU YANG LEBIH FARIATIF/ KARENA MEDIA MASSA/ MEDIA SOSIAL / PUNYA CARA MENGEMAS MENU ITU DENGAN BERBAGAI MACAM CARA/ JADI ITU SEBETULNYA/ BUDAYA POPULER JUGA/ BISA DIKATAKAN KALO DIMAKNAI SEBAGAI BUDAYA POPULER/ KEMUDIAN/ MAKANAN SUDAH/ BAJU SUDAH/ KEMUDIAN PROGRAM MEDIA PENYIARAN ATAU TELEVISI SALAH SATUNYA JUGA SUDAH/ HIBURAN JUGA SUDAH TADI/ LAGU-LAGU/ ADA LAGI IKON ATAU SIMBOL/ BUDAYA POPULER ITU LIFE STYLE ATAU GAYA HIDUP/ GAYA HIDUP ITU LEBIH KEPADA BAGAIMANA/ MELAKUKAN AKTIVITAS-AKTIVITAS KESEHARIAN/ DI BULAN ROMADHAN INI/ JADI KALAU SEKARANG ITU/ MUNGKIN KITA BISA MENEMUKAN BANYAK SEKALI IVEN-IVEN ATAU ACARA-ACARA BUKBER/BUKA BERSAMA/ BIASANYA ADA DIMANA ITU/ BUKBER ITU/ MAS REZA ?//

 

HOST : BIASANYA/ DI RESTORAN-RESTORAN//

 

NARASUMBER : DI RESTORAN/ ATAU DI MOL-MOL BESAR ATAU DI TEMPAT-TEMPAT KERAMAIAN GITU YAKAN/ NAH ITU JUGA TERMASUK BUDAYA POPULER/ BAGAIMANA ORANG/ KEMUDIA MEMBATALKAN PUASA/ DI TEMPAT-TEMPAT PUBLIK/ YANG TEMPAT-TEMPAT BERBELANJAAN/ BEGITU/ YANG MUNGKIN JAUH DARI KESAN/ ATAU MAKNA YANG SIFATNYA SPIRITUAL/ RELEGIUS/ BAHKAH KEBERSAHAJAAN ATAU KESEDERHAAN // PADAHAL SALAH SATU SPIRIT PUASA ITU KAN KESEDERHANAAN YA // JADI / YANG MAU SAYA SAMPAIKAN DISINI ADALAH BUDAYA POPULAR ITU MEWARNAI BULAN ROMADHON // DAN ITU MENDATANGKAN REJEKI TIDAK HANYA BAGI MUSLIM / TAPI BAGI NON MUSLIM JUGA // MAKA // KALAU ADA YANG BILANG JANGAN KORPRI BULAN SUCI ROMADHON INI DENGAN APAA GITU / BULAN ROMADHON MAU BAGAIMANAPUN PASTI SUCI // MAU SIAPAPUN / MAU BAGAIMANAPUN CARA MENYIKAPINYA / BULAN ROMADHON ITU ADALAH BULAN SUCI // KARENA ITU TADI, LUAR BIASANYA ALLAH MENDATANGKAN SATU BULAN DIANTARA DUABELAS BULAN // COBA KALAU BULAN SUCI ITUKAN HARUSNYA SEMUA BULAN KAN BULAN SUCI ROMADHON YAA // TAPI DIDATANGKAN SATU BULAN ITU UNTUK MENDATANGKAN / UNTUK BETUL-BETUL MENUNJUKKAN PERBEDAANNYA DI BULAN-BULAN LAIN YANG BISA MEMBERIKAN RAHMAT / TIDAK HANYA BAGI ORANG MUSLIM TAPI NON MUSLIM // NIH PERNAH NONTON SINETRON-SINETRON DI BULAN ROMADHON ITU? PERNAH NGGAK? //

 

HOST : PERNAH //

 

NARASUMBER : KALO NDAK PERNAH NANTI NONTON BARENG SAMA TEMEN-TEMENNYA // BISA NGAJI SINETRON ITU // JADI KALAU NANTI NONTON SINETRON / COBA CARI TAHU JUGA PEMAINNYA // APAKAH PARA PEMAIN DI SINETRON-SINETRON RELIGIUS ATAU DI BULAN ROMADHON YANG MENGUSUNG TEMA KEISLAMAN ITU / APAKAH SEMUANYA PEMERANNYA ASLINYA MUSLIM? PASTI ADA YANG NON MUSLIM // MUNGKIN DIA DALAM KESEHARIANNYA ITU NON MUSLIM / TETAPI DI SINETRON ITU DIA BERPERAN SEBAGAI SANTRI MISALNYA / DIA BERPERAN SEBAGAI KIAI MISALNYA / SEBAGAI MUSLIM // ITU SEBETULNYA SALAH SATU BAROKAH ROMADHON JUGA // JADI BUDAYA POPULAR ITU MEMANG TADI KESANNYA HEDONIS / MATERIALISTIK /  KEMUDIAN SARAT DENGAN KEMEWAHAN ATAU JAUH DARI KEBERSAHAJAAN ITU // TAPI SESUNGGUHNYA / ADA MANFAATNYA JUGA MESKIPUN TENTU SAJA KITA SEBAGAI MUSLIM HARUS BISA MENYIKAPI // BAGAIMANASIH KITA MENYIKAPI BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADHAN? KARENA ITU SUDAH KEBIASAAN (CUSTOM) // NAMANYA BULAN RAMADHAN ITU / SEBELUM JAUH SEBELUM BULAN RAMADHAN ITU MEDIA SUDAH MENGKONDISIKAN / YAH BIASANYA KALAU MAU BULAN RAMADHAN ITU KITA TEMUKAN DI TIVI / IKLAN APA MAS?

 

HOST : SIRUP

 

NARASUMBER : IKLAN SIRUP / SIRUP "X" ITU YA! YANG HANYA KELUAR MENJELANG BULAN RAMADHAN // NAH ITU JUGA SALAH SATU / SUDAH JADI MINDSET ORANG INDONESIA // APAKAH KEMUDIAN DILUAR INDONESIA SEPERTI ITU? MUNGKIN ADA BEBERAPA WILAYAH / BEBERAPA NEGARA YANG JUGA KENA // YANG KENA IMBAS BUDAYA POPULER ITU // KARENA TADI SUDAH SAYA BILANG BAHWA SEKARANG ITU SEKAT WILAYAH ITU SUDAH TIDAK ADA / KARENA BUDAYA POPULER ITU SUDAH BERKELINDAN DENGAN KEBIASAAN KITA SEHARI-HARI // ITU SUDAH MENJADI BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN // SEHINGGA MUNGKIN SAJA / JADI KITA TEMUKAN BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADHAN DI NEGARA LAIN //

 

HOST : JADI BANYAK SEKALI BUDAYA POPULER YANG SERING KITA LAKUKAN SENDIRI BU / YA // MUNGKIN SEPERTI BUKA PUASA BERSAMA / ADA JUGA PERUBAHAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG DULUNYA MUNGKIN LEBIH BAIK MENJADI LEBIH BAIK LAGI / KARENA ITU BAGIAN DARI BUDAYA POPULER ITU SENDIRI //

 

KITA MASIH MEMBAHAS MENGENAI BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADHAN // MAKANYA PEMIRSA / JANGAN KEMANA-MANA // TETEP STAY TERUS BERSAMA KAMI / HANYA DI RAMADHAN TUMAN (TOP UP IMAN) // KAMI AKAN KEMBALI SETELAH PESAN-PESAN BERIKUT INI //

SEGMEN 3

INTRO

BED

HOST : BAIK PEMIRSA / KEMBALI LAGI DALAM ACARA KESAYANGAN KITA / BERSAMA SAYA REZA FABIAN / DAN JUGA IBU PRIMI ROHIMI //

 

HOST : NAH BU / TADI KAN KITA MASIH MEMBAHAS MENGENAI BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADAN / TADI BU PRIMI JUGA SUDAH MENJELASKAN APA SAJA SIH BUDAYA POPULER ITU? / NAH SEBAGAI SEORANG UMAT MUSLIM / BAGAIMANA SIH BU / CARA KITA MENYIKAPI BUDAYA POPULER ITU SENDIRI? //

 

NARASUMBER : PERTANYAAN YANG BAGUS / YA MAS YA // JADI SEBAGAI KAWULA MUDA PASTI KAN BERTANYA-TANYA / BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADAN / BOLEH KITA IKUTI GAK? // ATAU DENGAN SELAMA INI YANG KITA LAKUKAN DI BULAN RAMADAN / UNTUK MENGHORMATI BULAN RAMADAN / APA BOLEH KITA LAKUKAN? / SEMENTARA / MUNGKIN RASULLAH SENDIRI TIDAK MELAKUKANNYA // RASUL KAN JELAS ITU GAK NONTON TV / KIRA-KIRA KALO RASUL HIDUP DI JAMAN SEKARANG / YANG DITONTON CHANNEL APA? / ATAU AKUN YOUTUBE NYA SIAPA GITU? / APALAGI KEMUDIAN BAJUNYA / RASULULLAH ITU BAJUNYA / BETUL-BETUL YA SEDERHANA DAN PAS APA YANG DIBUTUHKAN // KALO MAS REZA KAN BAJUNYA KAN ADA TEMA-TEMA / BAJU TEMA PAGI / SIANG / SORE / MALEM / BOBO HARI SENIN SELASA / GITU KAN ? //

 

NARASUMBER : KEMUDIAN MAKANANNYA JUGA / RASULULLAH TADI BERBUKA DENGAN MAKAN KURMA // KALO KITA MAKAN DENGAN MENU APA ADANYA YANG ADA DI ONLINE SHOP MUNGKIN YA? / UNTUK PESANAN MAKANAN ONLINE ITU / KITA MUNGKIN PESAN SEMUA / NAH / CARA MENYIKAPINYA DENGAN BIJAK / MUNGKIN MENURUT SAYA / BUDAYA ITU KAN EKSPRESI / EKSPRESI ITU / LAHIR DARI CITA RASA MANUSIA // DAN BUDAYA POPULER INI / DILAKUKAN OLEH BANYAK ORANG // DAN CENDERUNG KAWULA MUDA / MAKA / KITA BOLEH MELAKUKANNYA YANG TERPENTING KITA KEMBALIKAN KE MAKNANYA / KETIKA ITU DI BULAN RAMADAN / MAKA KALO NONTON TV / ATAU NONTON YOUTUBE / CARILAH KONTEN-KONTEN ISLAMI YANG BERNILAI IBADAH DAN BERNILAI DAKWAH // KARENA / KITA YAKIN / APAPUN YANG KITA LAKUKAN / JIKA BERNILAI IBADAH DI NIATKAN IBADAH / PROSESNYA PASTI ALLAH SUDAH MENYIAPKAN HADIAH BESAR // BAJU JUGA / BOLEH KOK KITA PAKAI BAJU NGETREND / UPDATE DENGAN BERBAGAI MODEL YANG ADA // TAPI / SESUAIKAN DENGAN KEMAMPUAN KITA / KEMUDIAN / MAKANAN YANG KITA MAKAN / JUGA TENTUNYA KITA / SESUAIKAN DENGAN KADAR KESEHATAN KITA //

 

NARASUMBER : TAPI JANGAN LIHAT SAYA YA/ INI MEMANG SAYA SUDAH GENDUT DARI LAHIR/ HEHEHE//

 

HOST : HEHEHE //

 

NARASUMBER  : KALAU MUSIK JUGA ADA MUNGKIN NANTI MUNGKIN DIBAHAS DI TEMA YANG LAIN/ ADA HADIS YANG MEMANG MEMPERTANYAKAN TENTANG MUSIK YA// KALAU MUSIK ITU KEMUDIAN DIKONSUMSI DAN MELALAIKAN IBADAH / MAKA ADA PEMAHAMAN YANG EE MELARANG MUSIK/ TAPI MUSIK JUGA KAN  SEKARANG INI SUDAH MENJADI SALAH SATU BAGIAN MEDIA WASILAH / SYIAR/ DAKWAH// KITA DENGAN MUSIK KITA MENJADI LEBIH MENIKMATI MISALNYA LAGU TERTENTU ITU LEBIH KITA BISA MERASAKAN KECINTAAN RASUL KEPADA KITA// JADI EE KEBIASAAN DIBULAN RAMADHAN ITU BOLEH SEBETULNYA/ KEMUDIAN BERSINERGI BEGITU DENGAN BUDAYA POPULER/ LIFE STYLE/ GAYA HIDUP//

 

NARASUMBER : BOLEH KOK / MENUNGGU BULAN PUASA YA / IFTOR // MISALNYA / MAIN MUSIK / NGEBAND / DI STUDIO / BOLEH / TAPI / JANGAN LUPA WAKTU BERBUKA / KEMUDIAN / JANGAN KEMUDIAN SEHARIAN GITU / NANTI AKHIRNYA JADINYA LEMES // SUDAH TILAWAH BELUM / SUDAH / YANG LEBIH-LEBIH KEPADA TARGET KITA BULAN RAMADHAN / YANG SUDAH KITA PERSIAPKAN SEBELUM-SEBELUMNYA // JANGAN SAMPAI KITA KEMUDIAN / DI AKHIR RAMADHAN / RUGI // KITA KEHILANGAN 10 HARI PERTAMA / 10 HARI KEDUA // JADI MENURUT SAYA / BUDAYA POPULER ITU / MEMANG TIDAK BISA KITA HINDARKAN / TIDAK BISA KEMUDIAN / YA MUNGKIN UNTUK KELOMPOK-KELOMPOK TERTENTU EE / APA YA / GOLONGAN TERTENTU MUNGKIN BISA MENGHINDARKAN ITU / TAPI PADA KENYATAANNYA / BUDAYA POPULER ITU MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT / TERMASUK SYIAR // BANYAK ORANG YANG LEBIH MENGENAL RAMADHAN DENGAN CARA YANG LEBIH POPULER / YAITU DENGAN BUDAYA POPULER // JADI SEPERTI ITU MISALNYA //

 

HOST : JADI EE / BUDAYA POPULER ITU JUGA  BERMANFAAT BAGI KEHIDUPAN KITA BU EE / DENGAN HARUS LEBIH BAGAIMANA BISA MEMILIH BUDAYA POPULER YANG BAIK BUAT KITA / DAN BISA MEMILIH LAGI / APA YANG HARUS KITA LAKUKAN PADA BULAN RAMADHAN INI //

 

NARASUMBER : BETUL // MISALNYA GINI MAS // MAAF SAYA POTONG //

 

HOST : IYA BU GAK PAPA //

 

NARASUMBER : JADI MISALNYA / BERBUKA PUASA NI / BUKA PUASA / BUKBER  KITA SUDAH PUNYA / JADWAL PADAT BUKBER YA?/ HARI INI SAMA TEMAN ALUMNI TK / BESOK / ALUMNI SD / SMP DAN SETERUSNYA GITU // JANGAN KEMUDIAN KITA MELUPAKAN / BUKBER DENGAN KELUARGA TERCINTA / TERUTAMA / DENGAN ORANG TUA KITA YANG MASIH ADA // KALAU KITA SUDAH MENJADI ORANG TUA?/ DENGAN ANAK-ANAK KITA // KARENA BULAN RAMADHAN ITU BULAN KASIH SAYANG JUGA / JADI BULAN KASIH SAYANG YANG BAHKAN ORANG YANG TIDAK ADA HUBUNGAN DARAH DENGAN KITA ITU / YANG JUGA BUTUH KITA SAYANGI / KITA BERIKAN SEBAGIAN REZEKI KITA //

 

HOST : JADI KITA JUGA HARUS LEBIH PAHAM GITU YA BU YA // APA SAJA BUDAYA POPULER YANG HARUS KITA LAKUKAN DAN TIDAK HANYA MELAKUKAN BUDAYA POPULER TAPI JUGA KITA HARUS MEMPERHATIKAN KELUARGA JUGA GITU YA BU YA / KALAU KITA HARUS BERBUKA PUASA DILUAR JUGA HARUS KEMBALI KE KELUARGA GITU YA BU YA //

 

NARASUMBER : BETUL //

 

HOST : NAH / DEMIKIAN PEMIRSA PEMBAHASAN KITA MENGENAI BUDAYA POPULER DI BULAN RAMADHAN SEMOGA YANG APA IBU PRIMI SAMPAIKAN KEPADA PEMIRSA DAN KITA SEMUA DI STUDIO BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA / DAN BISA MENJADI ILMU KITA DAN BISA KITA AMALKAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI // DEMIKIAN DARI KAMI SAYA REZA FEBIAN DAN JUGA IBU PRIMI ROHIMI PAMIT UNDUR DIRI / TERIMA KASIH UNTUK PEMIRSA YANG SUDAH MENYAKSIKAN KAMI DAN JANGAN LUPA UNTUK TERUS SAKSIKAN PROGRAM RAMDHAN TUMAN TOP UP IMAN DI SIMPANG 5 TV // KAMI MOHON UNDUR DIRI REZA PAMIT WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB //

 

NARASUMBER : WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB //

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARADIGMA DAKWAH (Tabligh, Pengembangan Masyarakat, Harakah, Kultural)

PARADIGMA DAKWAH I Disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah: Filsafat Dakwah Dosen Pengampu: Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I     Disusun oleh:   Atmimlana Nurrona                (1940210113) Siti Karlina                               (1940210116)     PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM INSTITUT AGAMA NEGERI KUDUS 2020   KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “PARADIGMA DAKWAH 1” tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Bapak Riza Zahriyal...

Teori Penetrasi Sosial

TEORI PENETRASI SOSIAL Teori ini berkaitan dengan bagaimana kita mengetahui atau mengenal orang lain dengan cara “masuk ke dalam” (penetrating) diri orang bersangkutan   lapisan dalam bola itu adalah hal-hal yang tidak tampak dari luar, sedangkan lapisan luar bola adalah hal-hal permukaan yang orang lihat tentang kita secara fisik akan terlihat seperti itu untuk mengetahui jati diri orang maka kita harus masuk ke dalam bola, untuk lebih tahu apa isi sesungguhnya di dalam bola tersebut. “Bola diri” seseorang memiliki 2 aspek: aspek “keluasan” (breadth) dan aspek “kedalaman” (depth). Kita dapat mengetahui berbagai jenis informasi tentang orang lain/ mungkin mendapat informasi detail dan mendalam tentang 1 atau 2 aspek tersebut dengan masuk ke dalam kehidupan orang tersebut. Ketika hubungan di antara 2 individu berkembang, maka mereka akan semakin mendapatkan informasi lebih luas dan dalam. Teori ini dikembangkan oleh Irwin Altman & Dalmas A. Taylor. Mereka memandang bahwa suatu h...

Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting

- Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting – Ari Yusmindarsih, M.I, KOM.   MEDIA PANAS DAN DINGIN McLuhan membagi media menjadi dua jenis yaitu 'media panas' (hot media) serta 'media dingin' (cool media). Media panas adalah media yang tidak menuntut perhatian besar dari pendengar, pembaca atau penonton (audien) media bersangkutan. Dalam menggunakan media ini audien tidak dituntut untuk mnggunakan daya imajinasinya, atau dengan kata lain sangat sedikit sekali daya imajinasi yang dibutuhkan. Partisipasi audien dalam media panas sangatlah rendah karena makna dari informasi yang diterima audien sudah sangat lengkap dan jelas. Media panas memberikan audien apa yang dibutuhkannya --dalam hal ini, hiburan. FILM Ketika menonton film di bioskop, kita hanya duduk, menonton film, sambil makan atau minum, tidak ada upaya keras untuk menerima dan memahami informasi dari media itu. Media dingin adalah media definisi rendah, membutuhkan par...