Langsung ke konten utama

PILIHAN PROFESI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

                                                                                                      

PILIHAN PROFESI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

 Ari Yusmindarsih, M.I.KOM.


JURNALIS YANG BERKARAKTER

Perguruan tinggi diharapkan mampu melahirkan lulusan yang kompeten sekaligus berkarakter. Lulusan mesti berkarakter karena mereka (wartawan, editor, pejabat public relations) semuanya bekerja bersentuhan dengan publik yang amat luas melalui media massa.

Publik tentu saja memerlukan media massa yang berkarakter (terpercaya, dapat diandalkan) untuk menjadi panduan dalam hidupnya sehari-hari. Media yang terpercaya tentu melibatkan wartawan-wartawan yang berkarakter pula.

Di sinilah tanggungjawab perguruan tinggi untuk mampu memenuhi tuntutan itu.


FOTOGRAFER

Dalam berbagai pembuatan media, peranan foto tentu menjadi sangat penting. Seorang sarjana komunikasi harus mampu memilih, mengambil dan menentukan gambar yang ingin dan pas untuk digunakan. Sebuah gambar dalam komunikasi adalah media sebuah pesan. Menjadi seorang fotografer tentu sangatlah memungkinkan bagi seorang lulusan komunikasi.


KAMERAMEN

Bagi mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang Broadcasting tentu banyak hal yang dipelajari di dalamnya. Tidak hanya bagaimana memproduksi sebuah media saja, namun juga meliputi seluk-beluk dan berbagai aspeknya. Salah satu yang terpenting tentu saja cameraman. Sebagai salah satu tenaga Broadcasting cameraman menjadi salah satu yang terpenting dan tentu saja menjadi hal yang dipelajari oleh sarjana komunikasi.


SUTRADARA

Kemampuan merangkai skenario dan cerita dalam pembuatan berbagai media baik film, iklan maupun tayangan dipelajari di jurusan yang berkonsentrasi di Broadcasting. Sangat terbuka lebar bagi lulusan sarjana komunikasi untuk menjadi seorang sutradara. Secara teori dan praktek mereka sudah mempelajarinya dengan detil pada saat perkuliahan.


PRODUSER

Menjadi seorang produser yang mempunyai pekerjaan untuk memproduksi sebuah event ataupun film merupakan salah satu keahlian yang ditawarkan dari seorang lulusan ilmu komunikasi. Profesi ini bisa menjadi pilihan sebagai Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Bagi mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang Broadcasting tentu paham betul bagaimana memproduksi sebuah media mulai dari reproduksi, produksi hingga pasca produksi.


PENULIS

Selain menjadi seorang jurnalis, kemampuan merangkai kata seorang sarjana komunikasi juga dapat disalurakan untuk menjadi seorang penulis. Baik berupa tulisan yang informatif seperti artikel, maupun tulisan yang bersifat menghibur seperti novel dan sejenisnya. Bahkan juga dapat menjadi seorang penulis skenario berbagai media.


EDITOR

Keahlian menulis, merangkai kata dan bahasa agar menjadi sebuah kalimat dengan pesan yang baik merupakan keahlian seorang sarjana komunikasi. Menjadi seorang editor sangat terbuka lebar bagi lulusan komunikasi.


REPORTER

Seorang sarjana komunikasi tentu dituntut untuk dapat memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan baik. Salah satu implementasi dari penyampai pesan yang baik ini juga menjadi aspek dalam berbagai profesi salah satunya adalah reporter.


PENYIAR RADIO

Menjadi seorang penyiar radio merupakan profesi yang menutuntut seseorang untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hanya orang-orang dengan kemampuan komunikasi khusus lah yang mampu memerankan peran ini. Dan salah satunya adalah seorang sarjana komunikasi.


PRESENTER

Selain seorang penyiar menjadi seorang presenter juga memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. Banyak dari beberapa presenter kenamaan merupakan lulusan dari jurusan komunikasi. Seorang presenter harus mampu menyampaikan pesan dengan baik, dan menjadi salah satu kunci dari kesuksesan sebuah acara.Presenter juga di tuntut untuk mampu membawa dan menggiring suasana dalam sebuah acara seperti acara televisi.


Master of Ceremony/ MC

Jika presenter merupakan pembawa acara dalam media yang umunya televisi maka MC merupakan pembawa acara pada sebuah event tertentu. Seorang lulusan komunikasi sangat memungkinkan untuk menjadi seorang MC mengingat untuk menjadi MC memerlukan keahlian komunikasi yang baik pula

.

PUBLIC RELATION/ HUMAS

Bagian hubungan masyarakat merupakan salah satu profesi yang paling dari seorang sarjana komunikasi. Keilmuan hubungan masyarakat juga menjadi konsentrasi dalam perkuliahan di jurusan komunikasi. Seorang sarjana komunikasi dengan kemampuan komunikasinya dapat menjadi jembatan penghubung yang mewakili berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta dengan masyarakat. Dalam menjalin hubungan dengan masyarakat ini tidaklah mudah sehingga memerlukan mereka-mereka yang benar-benar paham dan mengerti betul akan bidang ini, sehingga sarjana komunikasi lah orang yang tepat menjadi Public Relations Officer


JURU BICARA

Jika Public Relations Officer mewakili sebuah instansi, maka juru bicara lebih kepada mewakili individu dalam menjalin komunikasi dengan orang lain bahkan khalayak ramai. Seorang juru bicara juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang tak kalah baik dengan Public Relations Officer.


EVENT ORGANIZER

Menjadi seorang yang bekerja pada sebuah Event organizer memerlukan kemampuan komunikasi dan manajemen komunikasi yang baik. Bahkan seseorang yang bekerja dalam bidang ini memerlukan kemampuan untuk dapat bekerjasama dalam tim dengan baik pula. Oleh karenanya seorang sarjana komunikasi tentu paham betul akan hal ini. Dalam perkuliahanya tentu semua kompetensi tersebut sudah dilatihkan baik dalam teori maupun praktisi.


PRAKTISI PERIKLANAN/ADVERTISING

Jasa pembuat dan penyedia iklan merupakan sebuah prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini. seorang pembuat dan penyedia iklan haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga iklan yang dibuatnya menjadi menarik dan orang pun akan tertarik pada produk yang diiklankan tersebut. Kemampuan Advertising ini merupakan keahlian dari seorang lulusan atau sarjana komunikasi terlebih mereka yang mengambil konsentrasi pada bidang ini.


KONSULTAN MEDIA & PERIKLANAN

Selain menjadi seorang pembuat dan penyedia jasa periklanan, seorang sarjana komunikasi juga dapat bekerja pada bagian konsultan dari suatu iklan tertentu. Dalam hal ini kemampuan yang dituntut lebih kepada analisis penggunaan bahasa, gambar dan lain sebagainya agar sebuah iklan tersebut menjadi menarik. Selain konsultan periklnan dapat pula sebagai konsultan media. Seorang ahli komunikasi dituntut analisis dan saran bagaimana media tersebut menjadi media yang digemari masyarakat ramai.


MARKETING COMMUNICATIONS

Komunikasi marketing merupakan salah satu studi keilmuan dalam ilmu komunikasi. Marketing Communications dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Dengan tujuan agar seseorag tertarik pada suatu produk yang ditawarkan.


PENGUSAHA

Tidak jarang bahkan sangat banyak sarjana komunikasi yang memilih menjadi seorang pengusaha. Bukan karena mereka tidak diterima pada pekerjaan tertentu namun lebih tepatnya merupakan pilihan dari tiap-tiap individu. Seorang sarjana komunikasi tentu memiliki manajemen komunikasi yang baik, tentunya sangat berguna bagi kelangsungan sebuah usaha.


SCRIPT WRITER

Seorang lulusan ilmu komunikasi juga mampu menjadi penulis sebuah film, sebuah sinetron, sitkom, dan program – program lainnya. Seorang script writer dituntut untuk kreatif dan mampu memberi ide-ide baru yang kekinian serta mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat.


BISNIS START UP

Seorang lulusan ilmu komunikasi juga mampu membuat perusahaan sendiri yang bergerak di bidang komunikasi. media komunikasi yang digunakan bisa saja platform media sosial instagram, youtube, dan lain-lainnya.


WEB DEVELOPER

bagi lulusan ilmu komunikasi yang suka ataupun tertarik dengan bidang kepenulisan maupun IT, mereka bisa menjadi web developer suatu web berbasis informasi, ataupun mungkin membuat sebuah e-commerce web untuk memasarkan suatu produk menggunakan keahlian persuasifnya.


VIDEO BLOGGER

Sekarang ini walaupun bukan dari lulusan komunikasi, banyak sekali yang mencoba peruntungan menjadi seorang video blogger ataupun biasa dikenal sebagai vlog. Memiliki basis komunikasi yang baik, tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi lulusan komunikasi yang ingin menjadi seorang vlogger.


NEGOSIATOR

Pekerjaan seperti ini biasanya dibutuhkan dalam bidang EO, Periklanan dan bidang pemasaran lainnya. kemampuan komunikasi persuasif yang dimiliki seorang lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam posisi ini agar mampu menang dalam sebuah tender yang besar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARADIGMA DAKWAH (Tabligh, Pengembangan Masyarakat, Harakah, Kultural)

PARADIGMA DAKWAH I Disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah: Filsafat Dakwah Dosen Pengampu: Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I     Disusun oleh:   Atmimlana Nurrona                (1940210113) Siti Karlina                               (1940210116)     PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM INSTITUT AGAMA NEGERI KUDUS 2020   KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “PARADIGMA DAKWAH 1” tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Bapak Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I. pada bidang studi Filsafat Dakwah. Makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi para pembaca juga penulis. Penulis mengucapkan terimaksih kepada Bapak Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I. yang telah memberikan tugas ini sehingga

Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting

- Media dan Masyarakat: Media Panas Dingin, Teori Agenda Setting – Ari Yusmindarsih, M.I, KOM.   MEDIA PANAS DAN DINGIN McLuhan membagi media menjadi dua jenis yaitu 'media panas' (hot media) serta 'media dingin' (cool media). Media panas adalah media yang tidak menuntut perhatian besar dari pendengar, pembaca atau penonton (audien) media bersangkutan. Dalam menggunakan media ini audien tidak dituntut untuk mnggunakan daya imajinasinya, atau dengan kata lain sangat sedikit sekali daya imajinasi yang dibutuhkan. Partisipasi audien dalam media panas sangatlah rendah karena makna dari informasi yang diterima audien sudah sangat lengkap dan jelas. Media panas memberikan audien apa yang dibutuhkannya --dalam hal ini, hiburan. FILM Ketika menonton film di bioskop, kita hanya duduk, menonton film, sambil makan atau minum, tidak ada upaya keras untuk menerima dan memahami informasi dari media itu. Media dingin adalah media definisi rendah, membutuhkan partis

Teori Penetrasi Sosial

TEORI PENETRASI SOSIAL Teori ini berkaitan dengan bagaimana kita mengetahui atau mengenal orang lain dengan cara “masuk ke dalam” (penetrating) diri orang bersangkutan   lapisan dalam bola itu adalah hal-hal yang tidak tampak dari luar, sedangkan lapisan luar bola adalah hal-hal permukaan yang orang lihat tentang kita secara fisik akan terlihat seperti itu untuk mengetahui jati diri orang maka kita harus masuk ke dalam bola, untuk lebih tahu apa isi sesungguhnya di dalam bola tersebut. “Bola diri” seseorang memiliki 2 aspek: aspek “keluasan” (breadth) dan aspek “kedalaman” (depth). Kita dapat mengetahui berbagai jenis informasi tentang orang lain/ mungkin mendapat informasi detail dan mendalam tentang 1 atau 2 aspek tersebut dengan masuk ke dalam kehidupan orang tersebut. Ketika hubungan di antara 2 individu berkembang, maka mereka akan semakin mendapatkan informasi lebih luas dan dalam. Teori ini dikembangkan oleh Irwin Altman & Dalmas A. Taylor. Mereka memandang bahwa suatu hubun