Senin, 19/10/2020
Proses
Manajemen Kegiatan PR dengan Sistematis & Runut untuk Mencapai Tujuan
Organisasi
Alasan perencanaan program PR
- Untuk menetapkan target-target PR yang akan menjadi tolok ukur atas hasil yang diperoleh.
- Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja & berbagai biaya yang diperlukan.
- Untuk menyusun skala prioritas dalam menentukan:
(a)
jumlah program
(b) waktu yang diperlukan untuk melaksanakan program prioritas
- Untuk menentukan kemungkinan pencapaian tujuan sesuai dengan ketersediaan
(a)
staf pendukung/ personal yang dimiliki
(b)
dukungan berbagai peralatan fisik seperti alat-alat kantor, kamera, kendaraan,
dsb
(c)
anggaran dana
Kata-kata
penting:
jam kerja, prioritas, penentuan waktu, sumber daya, peralatan, dan anggaran.
Model Perencanaan PR:
- Pengenalan situasi
- Penetapan tujuan
- Definisi khalayak
- Pemilihan media & teknik-teknik PR
- Perencanaan anggaran
- Pengukuran hasil
Pengenalan Situasi:
- Perencanaan logis
- Kompromi yang diperlukan
- Penyelidikan situasi
- Pengumpulan pendapat
- Pemecahan masalah
- Metode pengenalan situasi
untuk
pengenalan situasi ini diperlukan supaya kita tidak salah sasaran,
mengantisipasi kegagalan komunikasi, dan meminimalisasi konflik.
Tujuan PR:
- Mengubah citra umum untuk perusahaan apabila perusahaan memiliki perubahan kegiatan
- Menyebarluaskan cerita sukses yang dicapai perusahaan untuk mendapat pengakuan
- Memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat dan membuka pasar baru
- Menyebarluaskan kegiatan riset (apabila ada)
- Memperbaiki hubungan perusahaan & publik
Khalayak:
- Organisasi penting mengenali/ membatasi khalayak, tidak mungkin menjangkau semua orang.
- Sebagian khalayak harus disisihkan meskipun potensial, terlalu luas, atau bervariasi.
PEMILIHAN MEDIA & TEKNIK PR
- kampanye periklanan dan PR sama-sama menggunakan berbagai macam media
- PR lebih banyak berhubungan dengan editor, pemimpin redaksi, wartawan, producer TV/ radio. Periklanan lebih ke manajer iklan
- iklan lebih komersial dibanding PR. Iklan harus dibayar, PR bisa saja tidak membayar iklan
- iklan lebih segmented, PR bisa lebih Luas.
VARIASI MEDIA PR:
- PERS
- audio visual ( slide, video)
- Radio
- televisi
- pameran
- bahan cetakan (flyer, dll)
- penerbitan buku
- Surat langsung
- pesan Lisa was
- sponsorship
- jurnal organisasi
PERENCANAAN
ANGGARAN
untuk
perencanaan anggaran tidak akan dibahas detail ya, karena ini akan spesifik
tergantung perusahaannya apa, dll. Banyak faktor.
Anggaran
terbesar dihabiskan untuk membayar pemakaian karya, sehingga pos pengeluaran
terbesar untuk membayar pemakaian jam kerja alias gaji pegawai.
Pos
pemakaian anggaran juga untuk pembelian alat-alat canggih seperti kamera video,
komputer, mesin cetak, printer, drone, dll
PENGUKURAN HASIL
untuk mengetahui kerja PR berhasil atau tidak dibutuhkan pengukuran hasil akhir
- Metode pengumpulan pendapat atau uji sikap adalah dua metode yang paling banyak digunakan.
- Metode evaluasi hasil biasanya diterapkan pada tahapan perencanaan . Penyesuaian bisa dilakukan selama berlangsungnya proses pelaksanaan dari program PR yang bersangkutan.
- Tiap program harus punya tujuan yang pasti. Karena itu harus ada target. Target ini akan menjadi tolok ukur keberhasilan. Misalnya: hasil liputan media massa yang positif menunjukkan program PR berhasil sesuai tujuan.
Komentar
Posting Komentar